Menjaga baterai laptop supaya tetap berfungsi maksimal

Anda pengguna piranti laptop?Piranti yang satu ini memang membuat anda tetap dapat melakukan banyak pekerjaan atau apa saja yang berhubungan dengan profesi anda, selama laptop terkoneksi dengan listrik tanpa membuat anda harus bergerak berpindah tempat.

Anda juga menggunakan baterai laptop tanpa terkoneksi dengan listrik akan tetapi baterai laptop umumnya tidak dapat bertahan lama. paling lama anda menggunakan baterai laptop selama 2-3 jam saja, dan setelah itu anda harus mengisi ulang baterai (recharge).

Berikut ini tips menjaga baterai laptop untuk menjaga baterai laptop agar tetap awet:

1. Defrag Harddisk anda secara teratur, terutama saat anda menggunakan laptop dengan listrik. ini akan membuat harddisk bekerja lebih efisien, dan anda dapat menghemat pemakaian baterai laptop anda.

2. Kurangi volume pencahaayan atau resolusi pada monitor laptop, atur sampai pada level tertentu untuk menekan kapasitas energi baterai laptop.

3. Hindari multitasking. tutup program-program lain seperti mesin pencari,musik,game, yang tidak anda gunakan kecuali program penting yang benar-benar sedang anda kerjakan. Multitasking akan membua load pada cpu semakin besar dan memperpendek usia baterai.

4. Matikan atau tutup penggunaan eksternal Device(USB,mouse,WIFI) bila selesai digunakan, karena akan memboroskan baterai laptop anda.

5. Tambahkan RAM(Random Access memori) pada laptop anda, sehingga anda dapat melakukan pemrosesan data semakin cepat. kapasitas memori yang dihasilkan harddisk sangat terbatas dan standar. Dengan menambahkan memori, berarti menambah pemakaian energi, sehingga mempercepat pemrosesan data terutama saat anda membuka program2 aplikasi yang memakan memori dalam jumlah besar.

6. Gunakan Harddisk sebagai empat penyimpanan data. Bukan CD atau DVD. Putaran CD atau DVD akan menyedot energi yang besar, bahkan ketika tidak digunakan. sedapat mungkin gunakan hanyasatu tempat penyimpanan data saja.

7. Bersihkan baterai anda setiap beberapa bulan sekali, dengan lap halus atau alkohol, agar pemindahan dari listrik kebaterai lebih efisien.

8. Gunakan baterai secara seimbang. jangan baterai lama tidak digunakan, dan jika baterai habis segeralah di charge, jangan dibiarkan lama tidak dicharge, terutama untuk baterai Li-IOn.

9. Lebih baik mematika laptop jika tidak digunakan dalam waktu lama jangan dibiarkan dalam keadaan standby, karena akan menguras energi baterai.

10. Jika anda menggunakan laptop dalam waktu yang lama, lebih baik mencopot baterai dan menggunakan listrik karena jika baterai dibiarkan terus di charge padahal isinya sudah penuh, maka akan mengakibatkan baterai menjadi drop..

Dari berbagai sumber : stikomksi2007azwar.wordpress.com

Terimakasih telah menyempatkan untuk berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s